Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • DPRD SU Kaget Pemprov Sumut Siapkan Lahan Kuburan Covid-19 Seluas 8 Ha di Langkat

DPRD SU Kaget Pemprov Sumut Siapkan Lahan Kuburan Covid-19 Seluas 8 Ha di Langkat

Firdaus Peranginangin Sabtu, 08 Agustus 2020 17:46 WIB
Foto: Dok/Zeira Salim Ritonga
Zeira Salim Ritonga
Medan (SIB)
Sekretaris Fraksi Nusantara DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga mengaku kaget mendengar peryataan Kadis Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, bahwa Pemprov Sumut telah menyiapkan 8 hektar lahan kuburan khusus bagi jenazah pasien yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Langkat.
"Pernyataan itu sebagai sinyal, bahwa Pemprov Sumut dan Satgas (Satuan Tugas) Penanggulangan Covid-19 Sumut tidak mampu lagi menanggulangi atau mengatasi mewabahnya virus Covid-19 di Sumut," ujar Zeira Salim Ritonga kepada wartawan, Sabtu (8/8/2020) ketika dihubungi melalui telepon di Medan.
Ditambahkan politisi PKB Sumut ini, pernyataan Kadis Kesehatan Sumut tersebut itu juga harus dijadikan sebagai warning bagi masyarakat, untuk lebih waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan, agar terhindar dari virus yang mematikan itu.
"Dengan penyediaan lahan kuburan massal seperti itu, kelihatannya Pemprov Sumut tidak lagi memberikan optimis kepada masyarakat, tapi sudah pesimis menanggulangi Covid-19 yang sedang mewabah, " tegas Sekretaris Komisi B ini.
Seharusnya, tambah Zeira Salim, Pemprov Sumut dan Satgas Penanggulangan Covid-19 fokus memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan memanfaatkan semaksimal mungkin anggaran refocusing tahap kedua sebesar Rp500 miliar, bukan membeli lahan kuburan massal.
"Mendengar disediakan lahan kuburan massal seluas 8 hektar untuk korban Covid-19 saja, mental masyarakat menjadi lemah. Hal ini sangat tidak baik, karena seolah-olah ada sesuatu yang disembunyikan, bahwa virus corona ini sudah tak terkendali dan akan dibiarkan berproses secara alami di Sumut," tegas Zeira Salim.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kadis Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, bahwa Pemprov Sumut telah menyiapkan 8 hektar lahan kuburan khusus bagi jenazah pasien yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Langkat.
Lahan tersebut disiapkan supaya proses pemakaman yang meninggal akibat Covid-19 dari kabupaten-kota yang dirawat di Medan bisa lebih cepat.
"Selama ini yang meninggal itu bukan orang Medan saja, ada juga dari daerah lain. Kalau pemakaman khusus di Simalingkar banyak prosedurnya. Karena harus minta izin ke Pemko Medan dulu," katanya, sehingga Gubernur sebagai Ketua Satgas Covid-19 Sumut membeli lahan tersebut.(*)

Editor: [email protected]

T#gs DPRD SumutKadis Kesehatan Sumutdr Alwi Mujahit Hasibuanlahan kuburan covid 19 di langkat
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments