Minggu, 31 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Berita Terkini
  • DD Belum Cair, Kades di Sergai Pusing Dahulukan Dana Penanggulangan Corona

DD Belum Cair, Kades di Sergai Pusing Dahulukan Dana Penanggulangan Corona

Robert Banjarnahor Sabtu, 04 April 2020 16:20 WIB

Khaidir

Sergai (SIB)
Sejumlah kepala desa (kades) di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mengaku pusing karena tidak punya uang untuk mendahulukan kegiatan penanggulangan wabah virus Corona (Covid-19) di daerah mereka. Sedang Dana Desa sampai sekarang belum juga cair.

“Kami tidak punya dana untuk mendahulukan kegiatan penanggulangan wabah Corona ini, sedang DD belum cair ,” kata sejumlah kades yang minta namanya tidak disebutkan kepada hariansib.com, Sabtu (4/4/2020), di Sergai.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Komisi A DPRD Sergai Khaidir mendesak Pemkab Sergai melalui dinas terkait segera mencairkan DD di wilayah itu karena sangat dibutuhkan untuk penanganan pencegahan Covid-19 yang sudah mewabah ke sejumlah daerah di Sumut.

Menurut politisi PKB ini, Surat Edaran Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) No 8 Tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020 menjadi acuan bagi kades untuk menggunakan DD dalam pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan Pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa.

“Jika memang tidak ada lagi kendala dalam pemberkasannya, kita minta Pemkab Sergai tidak menunda lagi pencairannya,” harap Khaidir.

Ia juga menyebutkan, Mendes PDTT dalam penjelasannya juga telah menyampaikan di tahun 2020 pemerintah mempercepat proses pencairan DD. Dan 40 persen DD telah dicairkan pada tahap pertama di akhir Januari 2020.

Kadis PMD Sergai H Ikhsan AP saat dihubungi lewat teleponnya tidak mengangkat kendati terlihat aktif. Lewat WhatsApp kemarin kepada wartawan Ikhsan menyampaikan, DD dapat dimanfaatkan untuk percepatan penanganan Covid-19. Dan terkait hal ini Bupati Sergai telah mengeluarkan surat edaran. Tapi, Ikhsan tidak meneringati soal pencairan DD di daerah ini (*)

Editor: Donna Hutagalung

T#gs COVID-19covid 19Dana Desa Belum CairKhaidirKomisi A DPRD SergaiSerdangbedagaivirus Corona
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments