Rabu, 30 Sep 2020

Camat Sidamanik Ajak Warga Akses SIHOBAS Online

Revado Marpaung Rabu, 29 Juli 2020 17:50 WIB
Foto: dok/Camat Sidamanik Juliana F Simarmata MSi

Camat Sidamanik Juliana F Simarmata MSi

Sidamanik (SIB)
Untuk membantu masyarakat dalam pengurusan Kependudukan Catatan Sipil, Camat Sidamanik Juliana F Simarmata mengajak masyarakat untuk segera mengakses SIHOBAS online.

Sesuai Perbup No 23 Tahun 2020 tentang aplikasi SIHOBAS online, yaitu sistem informasi berbasis hemat objektif akurat dan tersinergi yang dinamakan sihobas dan podas.

"Jadi, saat ini kepengurusan catatan sipil di Kabupaten Simalungun sudah melalui Sihobas," kata Juliana, Rabu (29/7/2020).

Menurut Juliana, beberapa hari lalu Kepala Dinas Disdukcapil Simalungun telah menyosialisasikannya kepada para perangkat nagori di kantor camat yang nantinya menjadi user di nagorinya masing-masing bagaimana cara mengaksesnya.

Menurutnya, upaya Disdukcapil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem online ini sangat membantu kebutuhan masyarakat dalam hal catatan sipil.

Sebab, kata dia, dengan adanya sihobas online, masyarakat bisa langsung mengurus sendiri administrasi kependudukan seperti kartu keluarga, e-KTP, akta lahir, akta nikah dan sebagainya dengan handphone android kita masing-masing.

"Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Disdukcapil yang di Raya untuk mengurusnya, karena dari rumah pun sudah bisa,"ujarnya.

Meski demikian, pihaknya akan turun langsung ke nagori-nagori untuk menyosialisasikan kembali bagaimana masuk ke aplikasi sihobas. Sehingga masyarakat lebih mengerti menggunakan aplikasi untuk keperluan pengurusan kependudukan.

"Outputnya berbentuk pdf. Kemudian, kita print sendiri dengan kertas HVS 80 gram," kata Juliana.(*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Camat Sidamanik Simalungun sistem informasiSIHOBAS onlineSihobas.Online
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments