Jumat, 07 Agu 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • Banyak Lulusan SMP Tidak Dapat Melanjut ke SMA, Bupati Taput Minta Gubsu Tambah Rombel

Banyak Lulusan SMP Tidak Dapat Melanjut ke SMA, Bupati Taput Minta Gubsu Tambah Rombel

Posma Simorangkir Rabu, 08 Juli 2020 13:24 WIB
Foto Dok/Kadis Pendidikan Taput Bontor Hutasoit
Kadis Pendidikan Taput Bontor Hutasoit
Tarutung (SIB)
Bupati Tapanuli Utara mengatakan jalur zonasi dan daya tampung sekolah dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) menimbulkan berbagai kendala dan permasalahan di lapangan.

Secara khusus untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA), Pemkab Taput menyoroti salah satu sumber permasalahan adalah jalur zonasi dan daya tampung.

Atas kondisi tersebut Bupati Taput Nikson Nababan menyurati Guberbur Sumatera Utara untuk memberikan perhatian agar permasalahan dalam pelaksanaan PPDB di daerah tahun pelajaran (TP) 2020/2021 dapat teratasi.

Dalam suratnya nomor 421/2320/12.2/VII/2020 tertanggal 2 Juli 2020, Bupati Taput mengusulkan agar Gubsu menambah jumlah rombongan belajar (rombel).

Kadis Pendidikan Taput Bontor Hutasoit saat dikonfirmasi hariasib.com melalui telepon selularnya, Rabu (8/7/2020), terkait surat Bupati Taput tersebut mengatakan, Pemkab mengusulkan ke Gubsu untuk penambahan rombel berhubung sistem zonasi dalam PPDB menimbulkan banyak peserta didik di Taput tidak dapat melanjutkan ke jenjang SMA.

Dalam suratnya, Bupati Taput menjelaskan di beberapa kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara yang terdapat proses PPDB untuk jenjang SMA terjadi beberapa permasalahan yang harus segera diambil tindakan, karena menyangkut hak yang seharusnya diperoleh peserta didik yaitu kesempatan untuk melanjutkan sekolah bagi siswa SMP yang akan melanjut ke jenjang SMA.

"Banyak siswa SMP tidak dapat melanjutkan sekolah ke jenjang SMA karena sudah tidak tersedia kuota untuk menampung seluruh siswa pada zonasi yang sudah ditentukan, termasuk tempat tinggal para calon peserta didik tidak terakomodir dalam cakupan zonasi yang sudah ditentukan. Sehingga tidak punya kesempatan memasuki jenjang SMA dikarenakan jarak desa tempat tinggal yang jauh dari sekolah SMA Negeri," sebutnya.

Atas hal tersebut dimohon kepada Gubsu memberikan perhatian demi menampung seluruh peserta didik pada zonasi yang sudah ditentukan dengan cara menambah rombongan belajar. (*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs jalur zonasi PPDB 2020Dinas pendidikan Taput
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments