Selasa, 07 Jul 2020
PalasBappeda

Bantuan Covid-19 di Dusun Siborongborong Simalungun Dibagi Rata

Revado Marpaung Senin, 01 Juni 2020 15:45 WIB
SIB/Revado Marpaung

Gamot Harada Manurung mendampingi warga Dusun Siborongborong Nagori Bahal Gajah, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, menunjukkan sembako yang telah dibagi rata sesuai hasil kesepakatan, Senin(1/6/2020).

Siborong-borong (SIB)
Mengantisipasi kecemburuan sosial antar warga, segala bentuk bantuan Covid-19 di Dusun Siborongborong, Nagori Bahal Gajah, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, dibagi rata.

Gamot Siborong-borong Harada Manurung kepada hariansib.com, Senin(1/6/2020), mengatakan, awalnya dirinya berangan-angan bagaimana bantuan itu bisa dirasakan seluruh masyarakat dusunnya tanpa ada yang tidak mendapat, di luar yang telah mendapat bantuan dari pemerintah, pensiunan PNS dan perkebunan.

Kemudian, Harada mengajak warga untuk gotongroyong membersihkan jalan pertanian. Di sanalah dibicarakannya kepada warga saat istirahat. Ketika ditanya masalah bantuan itu, masyarakat merespon dan sepakat agar bantuan Covid-19 dalam bentuk apapun dibagi rata meski yang diterima sedikit.

Karena itu, Gamot dan seluruh masyarakat membuat kesepakatan yang disetujui tokoh masyarakat dan Maujana agar bantuan baik BLT DD, sembako dari provinsi dan Pemkab dibagi rata.

Harada mengatakan jumlah penduduk di dusunnya sebanyak 60 kepala keluarga, namun hanya 47 kepala keluarga saja yang mendapat bantuan Covid-19.

"Meski yang diterima masyarakat menjadi sedikit, namun seluruh warga menerima dengan senang hati tanpa ada keributan,"aku Harada.

Ia menambahkan, umumnya masyarakat dusun itu ekonomi menengah ke bawah. Sementara kuota bantuan juga terbatas, mau tidak mau harus ada solusi agar tidak timbul kecemburuan yang mengacu keributan.

"Jumlah penerima bantuan BLT DD 12 kepala keluarga, sembako dari Provinsi Sumut 15 dan dari Pemkab Simalungun 10 kepala keluarga. Meskipun regulasinya tidak seperti itu, saya siap mempertanggungjawabkannya," kata Harada.

Harada juga mengatakan, pembagian bantuan pertama masyarakat harus rela menerima beras 4 cangkir per orang, susu, kecap seadanya saja dan sabun mandi dibagi dua. Itu semua yang membagi langsung masyarakat dan tetap didampingi.

Sementara M Siahaan, H Silitonga dan J Siagian warga Dusun Siborong-borong mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut.
"Iya, kami semua sudah sepakat kalau bantuan Covid-19 baik dalam bentuk uang tunai maupun sembako semuanya dibagi rata", tutur mereka.

Terpisah, Pangulu Bahal Gajah Torkis Siburian menganjurkan untuk membuat pernyataan masyarakat setuju untuk dibagi rata. Meski awalnya tidak diijinkan karena melanggar peraturan. Namun dirinya menyerahkan wewenang kepada gamot sesuai kesepakatan bersama masyarakat. (*)

Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Dusun SiborongborongGamot SiborongborongHarada Manurungsimalungunbantuan Covid-19 dibagi rata
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments