Senin, 21 Sep 2020

BM Peti Kemas di TPK Belawan Meningkat

Pally S Rabu, 29 Juli 2020 13:04 WIB
SIB/Dok

Lapangan Penumpukan : Fasilitas lapangan penumpukan peti kemas di TPK Belawan, yang dikelola  PT Pelindo 1.

Belawan (SIB)
Di tengah mewabahnya virus corona dan berpotensi mengganggu perdagangan dunia, kegiatan bongkar muat (BM) peti kemas di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 mengalami peningkatan, meski didominasi peti kemas domestik (antar pulau).

Hal tersebut dikatakan General Manager (GM) TPK Belawan, Indra Pamulihan lewat siaran persnya yang diterima wartawan, Selasa (28/7/2020) malam, melalui Kepala Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Dikatakannya, semester pertama tahun 2020,TPK Belawan melayani kunjungan kapal sebanyak 435 call, dengan rincian di terminal internasional sebanyak 256 call dan domestik 179 call, diikuti dengan kegiatan BM peti kemas sebanyak 424.899 box atau naik 6,13 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 sebanyak 400.368 box.

Sedangkan dari sisi barang di terminal internasional jumlah BM barang sebanyak 3.334.462 ton dengan komoditas dominan untuk impor berupa pupuk, makanan ternak, dan chemical serta komoditi dominan untuk ekspor meliputi palm oil, chemical, dan minyak.

Sementara itu, pada terminal domestik sebanyak 3.150.594 ton dengan komoditi dominan kegiatan bongkar berupa kertas, semen, dan gula sedangkan komoditi dominan untuk kegiatan muat berupa barang pecah belah, alat tulis kantor, dan besi ulir.

Kinerja operasional TPK Belawan pada semester pertama tahun 2020 di terminal internasional mencapai 54,92 B/S/H (Box/Ship/Hour) dan di terminal domestik mencapai 47,66 B/S/H atau berada di atas standar kinerja BM peti kemas yang ditetapkan Kementerian Perhubungan, 32 B/S/H.

Menurut pihak Pelindo 1, di tengah pandemi Covid-19 layanan di TPK Belawan dipastikan berlangsung selama 24 jam dalam 7 hari untuk menjaga kelancaran logistik.

Pelindo 1 juga optimis trafik bongkar muat peti kemas di TPK Belawan akan tumbuh meningkat karena aktivitas perekonomian sudah dimulai kembali di masa adaptasi kebiasaan baru dengan memberikan pelayanan yang lebih baik, handal, dan efisien.(*)


Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs General Manager (GM) TPK BelawanIndra Pamulihanbongkar muatPelabuhan BelawanPelindo 1
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments