Minggu, 20 Sep 2020

Atasi Banjir, PUPR Taput Normalisasi Aek Ristop Secara Manual

Posma Simorangkir Jumat, 05 Juni 2020 18:52 WIB
Foto SIB/Dok
NORMALISASI: Tim pekerja Dinas PUPR  Tapanuli Utara menormalisasi Aek Ristop Tarutung secara manual, Jumat (5/6/2020), mengurangi potensi banjir yang diakibatkan intensitas curah hujan tinggi. 
Tarutung (SIB)
Mengurangi potensi banjir yang diakibatkan intensitas curah hujan tinggi, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tapanuli Utara menormalisasi Aek Ristop Tarutung secara manual.

Kadis PUPR Taput Dalan Nangkok Simanjuntak melalui WhatsApp, Jumat (5/6/2020), menyampaikan, normalisasi secara manual dilakukan pada lokasi yang tidak dapat dimasuki alat berat excavator.

"Normalisasi bertujuan agar aliran air lancar dan mengurangi potensi banjir di daerah Aek Ristop," sebutnya.

Menurutnya, alat berat tidak dapat masuk ke lokasi karena terhalang pohon. Jika pohon ditebang sekarang akan menimpa tanaman padi yang sudah menguning dan tiga minggu lagi akan dipanen.

"Menunggu tiga minggu lagi kita ambil sikap untuk normalisasi manual mengingat hujan sering turun saat ini. Tujuannya air bisa lancar dan potensi banjir di daerah jalan DI Panjaitan dan Aek Ristop bisa berkurang," ujarnya.

Disampaikan, untuk penanganan banjir Aek Ristop lebih maksimal dibutuhkan bangunan perkuatan tanggul sepanjang satu kilometer agar tanggulnya permanen dan lebar sungai tetap konstan sampai ke Aek Sigeaon sehingga aliran akan lancar.

"Biasanya yang membangun tanggul Aek Ristop selama ini dari Provinsi Sumatera Utara," cetusnya. (*)


Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Normalisasi ask Ristop cegah banjirtaput
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments