Minggu, 27 Sep 2020

Anggota DPRD Sumut Desak Gubernur Segera Revolusi Mental OPD

Firdaus Peranginangin Senin, 22 Juni 2020 19:37 WIB

Pantur Banjarnahor

Medan (SIB)
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Pantur Banjarnahor mendesak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk segera melakukan gerakan revolusi mental t OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di jajaran Pemprov Sumut, guna memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat.

"Jika Gubernur Sumut tidak punya keberanian berbenah atau melakukan revolusi mental, slogan Sumut Bermartabat tidak akan terealisasi atau hanya mimpi, " ujar anggota Komisi B Pantur Banjarnahor kepada wartawan, Senin (22/6/2020), di DPRD Sumut.
Menurut Pantur, perubahan mental OPD sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan, agar Sumut mampu berbenah diri dan unggul di berbagai sektor.

Berdasarkan catatan Fraksi PDI Perjuangan, tambah Pantur, SDM (Sumber Daya Manusia) OPD di jajaran Pemprov Sumut masih sangat rendah dan kinerjanya masih buruk, tidak bisa menterjemahkan slogan "Sumut Bermartabat", sehingga fraksi-fraksi di dewan merekomendasi sejumlah kepala OPD tersebut segera dicopot dari jabatannya.

"Para OPD itu gagal memahami dan mengimplementasikan visi Gubernur menuju Sumut Bermartabat, karena dua hal yaitu kurangnya komitmen para OPD dalam melayani masyarakat dan memang dasarnya kualitas SDM-nya rendah," tambah Pantur.

Sebagai solusi dari persoalan tersebut, politisi PDI Perjuangan ini mengusulkan kepada Gubernur Sumut untuk kembali melakukan seleksi terhadap setiap jabatan eselon sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya, sehingga bisa bekerja secara profesional.

"Selanjutnya, alokasikan anggaran khusus pada peningkatan SDM yang berbasis pada komitmen pelayanan untuk rakyat," ujar Pantur.

Ia juga mengigatkan Gubernur Sumut menyeleksi kembali para ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk jabatan eselon yang bisa bekerja dengan baik dan profesional.(*).



Editor: Wilfred Manullang/[email protected]

T#gs DPRD SumutDesak Gubernur Segera Revolusi Mental OPDFraksi PDIPPantur Banjarnahor
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments