Kamis, 06 Agu 2020

Anggaran Pengamanan Pilkada Cair 100 Persen di Sejumlah Daerah

Mendagri Tito : Ini Baik Kali Atau Takut Ya?
Rido Adeward Sitompul Jumat, 03 Juli 2020 16:14 WIB
Foto SIB/Rido Adeward Sitompul
DATA NPHD : Data penerimaan NPHD yang ditampilkan Biro Otda Kemendagri dalam Rakor Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (3/7/2020).
Medan (SIB)
Rapat koordinasi pelaksanaan Pilkada serentak 2020, di Hotel Grand Aston Medan, Jumat (3/7/2020), menjadi ajang buka-bukaan data pencairan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang belum terealisasi atau yang sudah oleh para kepala daerah di 23 kabupaten/kota di Sumut.

Dalam data yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian di rapat itu, ada sejumlah kepala daerah yang mencairkan anggaran pelaksanaan pilkada untuk aparat keamanan baik TNI dan Polri yang telah mencapai 100 persen. Sedangkan untuk penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu, realisasi penyaluran anggaran masih berkisar 40 persen.

"Labuhanbatu Selatan realisasi anggaran pengamanan sudah 100 persen, untuk KPU dan Bawaslu 40 persen. Labuhanbatu Utara anggaran pengamanan 100 persen, KPU 24,5 persen, Bawaslu 40 persen," ujar Tito.

Kabupaten Nias, Kabupaten Asahan disebut Tito juga melakukan hal yang sama yakni mencairkan anggaran pengamanan pilkada telah mencapai 100 persen. Sedangkan KPU dan Bawaslu pencairan anggaran pelaksanaan pilkada masih berkisar 40 persen.

"Baik kali kepala daerah ini sama TNI dan Polri yang mencairkan anggaran sampai 100 persen, ini baik kali atau takut kali," kata Tito yang disambut gelak tawa para peserta rapat.

Menurutnya, pelaksanaan tahapan pilkada sangat bergantung kepada kesiapan anggaran. Bahkan, mantan Kapolri itu mengatakan anggaran adalah denyut nadi dari pelaksanaan pilkada.

Dalam rapat itu, hadir juga Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia, para kepala daerah di beberapa kabupaten/kota dan unsur Forkompinda tingkat Sumut. (*)

Editor: [email protected]/[email protected]

T#gs Naskah Perjanjian Hibah Daerah Pilkada serentakAnggaran Pilkada
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments