Rabu, 08 Jul 2020
PalasBappeda

868 Calon Jamaah Haji Asal Deliserdang Ditunda Keberangkatannya

Lisbon Situmorang Selasa, 02 Juni 2020 19:48 WIB
Foto.SIB/Lisbon Situmorang
BERI KETERANGAN: Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah  Kemenag Deliserdang H Ahmad Qosbi SAg MM  memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa (2/6/2020) di Lubukpakam. 
Lubukpakam (SIB)
Adanya kebijakan Kementerian Agama RI yang memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jamaah haji Indonesia tahun 2020, karena pandemi Covid-19. Sebanyak 868 calon jamaah haji yang sudah berhak melunasi di Kabupaten Deliserdang dipastikan tidak dapat melaksanakan ibadah haji ke Arab Saudi tahun ini.

Hal itu disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Deliserdang H Ahmad Qosbi SAg MM, Selasa (2/6/2020) di Kantor Kemenag Kabupaten Deliserdang di Lubukpakam.

Sebelumnya 1.010 calon jamaah haji di Kabupaten Deliserdang yang berhak melunasi. Namun hingga ditutupnya jadwal pembayaran pelunasan hanya 868 yang telah melakukan pelunasan. Sebanyak 868 orang calon jamaah haji asal Deliserdang yang seharusnya berangkat tahun 2020.

"Jamaah haji yang telah melunasi pada penyelenggara ibadah haji tahun 1441 Hijriah/2020 Masehi menjadi jamaah Haji pada penyelenggaraan ibadah Haji tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi," tambah Qosbi.

Terkait dana para calon jamaah haji yang tertunda keberangkatannya, ada 2 mekanisme yaitu dana haji dibiarkan dulu di Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) untuk menunggu tahun berikutnya, atau bisa mengambil dana haji tersebut dan menunggu tahun berikutnya.

Bila calon jamaah ingin mengambil setoran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji, calon jamaah Haji mengajukan permohonan pengembalian setoran perlunasan secara tertulis kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Deliserdang.

"Dengan menyertakan bukti asli setoran lunas oleh bank penerima setoran. Menyertakan fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jamaah haji dan memperlihatkan aslinya, serta fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya," jelasnya. (*).


Editor: Robert Banjarnahor/Eva R Pelawi

T#gs BPKH covid-19 covid 19 jamaah hajiKementerian Agama RI
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments