Jumat, 14 Agu 2020

6 Orang Positif Covid-19, Sergai Masuk Zona Merah

Rimpun H Sihombing Jumat, 05 Juni 2020 15:23 WIB
Foto SIB/Rimpun H Sihombing
PAPARKAN : Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sergai, Drs H Akmal MSi didampingi Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit MKes dan Kabag Protokol dan Kompim Erfin Fachrurrazi SSTP MSi memaparkan adanya warga Perbaungan positif Covid-19 berdasarkan PCR tes, Jumat (5/6/2020). 

Sergai (SIB)
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yang semula berjumlah 5 orang, kini bertambah satu lagi menjadi 6 orang setelah seorang warga Kecamatan Perbaungan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) test.

"Berdasarkan hasil tes PCR yang disampaikan pihak RS Murni Teguh Medan kepada Gugus Tugas Kabupaten Sergai semalam, Kamis (4/6/2020), satu orang warga Sergai dari Kecamatan Perbaungan, berjenis kelamin laki-laki berusia 29 tahun dinyatakan positif Covid-19. Dengan bertambahnya positif Covid-19 menjadi 6 kasus, maka Sergai masuk zona merah," ungkap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sergai, H Akmal didampingi Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit dan Kabag Protokol dan Kompim Erfin Fachrurrazi, Jumat (5/6/2020), di Posko Gugus Tugas di Rumah Dinas Bupati di Seirampah.

Akmal menjelaskan, warga Perbaungan yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut menetap dan bekerja di Medan. Pada hari Sabtu (23/5/2020) lalu, yang bersangkutan bersama isteri dan anaknya datang ke Perbaungan ke kediaman orangtuanya. Saat itu, yang bersangkutan sudah mengalami demam dan batuk-batuk.

Pada hari Senin (25/5/2020), yang bersangkutan bersama isteri dan anaknya kembali ke Medan. Kemudian pada Kamis (28/5/2020), yang bersangkutan berobat ke RS Colombia Medan dengan keluhan demam, batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh, kemudian oleh pihak rumah sakit ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Selanjutnya, tanggal 30 Mei 2020, yang bersangkutan menjalani pengambilan sampel swab untuk tes PCR. Kemudian pihak RS Colombia mengirimkan sampel swabnya ke RS Murni Teguh.

"Semalam, Kamis (4/6/2020), hasil pemeriksaan terhadap yang bersangkutan diterima Gugus Tugas Sergai dan menunjukkan positif Covid-19. Hingga kini, yang bersangkutan masih menjalani pengobatan dan isolasi di RS Colombia Medan," terangnya.

Menindak lanjuti kasus pisitif Covid tersebut, lanjut Akmal, Gugus Tugas Sergai melalui Dinas Kesehatan melakukan antisipasi yakni melakukan tracing terhadap keluarga dan orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan yang bersangkutan dan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah korban dan di sekelilingnya.

"Hari ini, Jumat (5/6/2020), Dinas Kesehatan akan melakukan tes swab pada keluarga dan orang yang memiliki riwayat kontak fisik dengan yang bersangkutan," ujar Akmal.

Pada kesempatan itu, Kadis Kominfo Sergai ini juga menyampaikan bahwa 3 orang warga Kecamatan Dolokmasihul yang terlebih dahulu positif Covid-19, dinyatakan telah sembuh setelah menjalani perawatan dan isolasi di RS GL Tobing Tanjungmorawa.

"Saat ini ketiga pasien yang dinyatakan sembuh telah dipulangkan di rumahnya di Kecamatan Dolokmasihul, namun tetap menjalankan protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19 ini," pungkas Akmal. (*)


Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs positif corona Sergai Zona Merah Tes PCRSergai
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments