Minggu, 09 Agu 2020
  • Home
  • Berita Terkini
  • 396 Napi Lapas Siborongborong dan Rutan Tarutung Diusulkan Dapat Remisi Idul Fitri

396 Napi Lapas Siborongborong dan Rutan Tarutung Diusulkan Dapat Remisi Idul Fitri

Bongsu Batara Sitompul Minggu, 17 Mei 2020 18:58 WIB
lensaindonesia.com

Ilustrasi

Tapanuli Utara (SIB)
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Siborongborong mengusulkan 323 warga binaan/narapidana (napi) mendapat remisi khusus Idul Fitri tahun 2020.

"Untuk remisi khusus Idul Fitri tahun ini kita sudah mengusulkan 323 orang ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta," ujar Kepala Lapas Siborongborong Pitra Jaya Saragih saat dikonfirmasi SIB via telepon selulernya, Minggu (17/5/2020).
Ia menjelaskan syarat-syarat yang diusulkan untuk bisa mendapat remisi Idul Fitri yakni, syarat administrasi dan substantif yang disesuaikan dengan penggolongan jenis kasusnya.

"Untuk kategori pidana umum, syarat administrasinya minimal sudah menjalani masa pidananya selama 6 bulan dan berkelakuan baik. Sedangkan untuk kategori pidana sesuai PP 99, harus bisa menunjukkan surat justice collaborator (JC) dan sudah menjalani minimal sepertiga masa hukuman disertai surat berkelakuan baik, " jelasnya

Ia juga menambahkan, setelah pihaknya mengusulkan 323 napi untuk mendapat remisi khusus Idul Fitri, selanjutnya surat persetujuannya nanti akan disampaikan dalam bentuk Surat Keterangan (SK). SK itu diterima selambat lambatnya H-1 Lebaran.

Sementara itu Kepala Rutan Kelas II B Tarutung Hendri Alfa Edison Damanik kepada hariansib.com, mengatakan mengusulkan 73 warga binaan yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri.

"Ke-73 warga binaan tersebut sudah kita usulkan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta. Namun dari ke 73 warga binaan yang kita usulkan itu tidak ada untuk remisi bebas, " jelasnya. (*)


Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Hendri Alfa Edison Damanik Pitra Jaya Saragih Rutan Tarutung remisi idul fitriLapas Siborongborong
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments