Jumat, 18 Oktober 2024

Pjs Bupati Pimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Polres Sergai

Redaksi - Senin, 09 November 2020 18:00 WIB
211 view
Pjs Bupati Pimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam di Polres Sergai
Foto SIB/Bonny Sembiring
CEK : Pjs Bupati Sergai Ir H Irman didampingi Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang dan lainnya saat mengecek kesiapan sarana pendukung dan petugas gabungan di sela Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam tahun 2020 di halaman Mapolres, Senin (9/
Sergai (SIB)
Pjs Bupati Serdangbedagai (Sergai), Ir H Irman memimpin Apel Kesiapan Antisipasi Bencana Alam Tahun 2020, di halaman Mapolres Sergai, Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, Senin (9/11/2020).

Mengawali amanatnya, Irman menyatakan, sesuai UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana terdapat tiga dimensi waktu terkait bencana alam dan saat ini seluruh pihak terkait harus memiliki sikap kesiapsiagaan, demi mengeliminir risiko dari bencana yang terjadi.

"Sebagaimana diketahui, pada umumnya menjelang akhir tahun curah hujan di daerah ini terus meningkat dan berpotensi terjadinya banjir serta puting beliung. Maka dari itu, kita semua harus bersiap untuk dapat mengurangi resiko yang timbul di tengah masyarakat," ujarnya.

Irman menjelaskan, bencana alam sejatinya tidak dapat dihindarkan atau dihentikan. Tapi, pengurangan risiko bisa dilakukan dengan berbagai upaya maupun langkah-langkah, seperti bergotong-royong dan pembersihan lingkungan.

Kemudian, lanjut Irman, apabila bencana alam terjadi di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, maka semua pihak, baik pemerintah, TNI-Polri maupun stakeholder lainnya wajib berperan aktif dan saling bahu-membahu untuk penanganan serta pemulihan terhadap para korban yang terkena bencana alam.

Di bagian lain, Pjs Bupati juga mengingatkan kepada peserta apel untuk tetap berkomitmen memerangi penyebaran wabah virus corona (Covid-19) dengan cara mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Mari kita senantiasa bekerjasama dan bersinergi untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Serdangbedagai dengan selalu menyosialisasikan tentang pentingnya penerapan 3M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak ideal) sewaktu beraktivitas di luar rumah kepada masyarakat," katanya.

Hadir dalam apel gabungan itu, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, Kajari Paian Tumanggor, Ketua DPRD Risky Ramadhan, para Kepala OPD, Camat, personel TNI/Polri dan unsur lainnya. (*)

Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru