Minggu, 09 Agu 2020

29 Juni, Jumlah Kasus Covid-19 di Sumut Nyaris 1.500 Orang

Roland Tambunan/Leo Bukit Senin, 29 Juni 2020 22:25 WIB
Dok/Humas Pemprovsu

dr Putri Mentari Sitanggang 

Medan (SIB)
Masa new normal, kehidupan sosial ekonomi akan dijalani dengan kebiasaan baru yang berbeda. Kebiasaan baru ini tidak akan jauh berbeda dengan masa pandemi Covid-19 sebelumnya untuk mencegah penularan virus tersebut.

Hal itu dikatakan Relawan Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Putri Mentari Sitanggang saat melakukan konferensi video secara live, di Media Center Gugus Tugas Covid-19 Sumut, Jalan Dipenogoro Medan, Senin (29/6/2020).

Perbedaannya, kata dia, sebelum new normal masyarakat dibatasi dalam beraktivitas, bekerja, kegiatan di luar rumah dan bahkan perizinan transportasi darat, laut dan udara ditutup. Di masa new normal, transportasi dibuka, pertokoan dan pusat perbelanjaan mulai dibuka, serta restoran, kafe dan tempat hiburan mulai menjalankan usahanya kembali.

"Namun harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang dikenal dengan 3 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak interaksi sejauh satu hingga dua meter," ujarnya.

Persyaratan lain sesuai Surat Edaran Nomor 9 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pusat, salahsatu isinya adalah orang yang melakukan perjalanan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara harus memenuhi tiga persyaratan yaitu menunjukkan identitas diri, kedua menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau menunjukkan surat keterangan uji rapid test dengan hasil non reaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan.

"Ketiga, menunjukkan surat bebas gejala influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR atau rapid test. Persyaratan perjalanan orang dalam negeri dikecualikan untuk perjalanan orang komuter dan perjalanan orang dalam wilayah atau kawasan aglomerasi," tuturnya.

Pentingnya melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam kehidupan di masa new normal, menurut Putri, untuk memutus rantai penularan Covid-19. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam melakukan perlindungan bagi kesehatan diri dan keluarga.

"Sehingga kita akan kembali bebas bekerja, beribadah dan beraktivitas, tanpa tertular Covid-19," katanya.

Putri mengatakan, penambahan angka kasus Covid-19 di Provinsi Sumut masih terjadi. Bahkan jumlah kasus positif hari ini, Senin (29/6/2020), meningkat tipis dari beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data yang dirangkum, penambahan kasus terkonfirmasi positif melalui hasil pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR), Senin (29/6/2020), sebanyak 13 kasus. "Sehingga angka penderitanya menjadi 1.480 orang dari sebelumnya 1.467 orang," sebutnya.

Peningkatan angka tertinggi, kata dia, justru terjadi pada PDP sebanyak 26 kasus. Di mana sebelumnya 202 orang, naik menjadi 228 orang. Sedangkan ODP mengalami penurunan 31 orang.

Sebelumnya jumlah ODP 1.102 menjadi 1.071 orang. "Sedangkan untuk pasien yang meninggal tetap 92 dan sembuh masih sebanyak 383 orang," rinci Putri. (*)

Editor: [email protected]

T#gs Gugus Tugas Covid-19 Sumut New normal odp PDP Putri Mentari Sitanggang positif Covid-19 Positif Covid 19Sumatera Utara
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments