Minggu, 07 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

26 Mei Pendaftaran Calon Siswa Baru SMA/SMK Negeri Lewat Daring

Roland Tambunan Minggu, 17 Mei 2020 18:51 WIB
Foto Dok/Humas Pemprov Sumut
Drs Saut Aritonang SH MHum.
Medan (SIB)
Pendaftaran calon siswa baru SMA/SMK Negeri di Sumut tahun ajaran 2020/2021, dilakukan empat jalur dan dimulai bertahap 26 Mei 2020. Pendaftaran dilakukan secara online/daring dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi PPDB.

"Jadi tak perlu datang ke sekolah, cukup hanya mendaftar dari rumah masing-masing calon siswa melalui aplikasi PPDB pada andoroid," ujar Kadis Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, melalui Sekretaris Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Sumut, Saut Aritonang, kepada wartawan di Medan, Minggu (17/5/2020).

Dia menjelaskan, pendaftaran jalur pertama, berdasarkan zonasi atau mengutamakan calon siswa yang rumahnya paling dekat dengan sekolah yang didaftar. Paling maksimal jaraknya 20 km. Jumlah calon kuota melalui jalur pertama ini sebanyak 50 persen dari daya tampung sekolah.

Jalur kedua, kata dia, afirmasi (latar belakang kurang mampu) dimana calon siswa harus melampirkan bukti surat miskin atau keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah. Jalur ini kuotanya 15 persen.

Selanjutnya jalur ketiga, perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau anak guru setempat. Jalur ini, calon siswa harus membuktikan ada surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor atau perusahaan tempat orangtua yang mempekerjakan. Surat penerbitannya paling lama 2 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB. Melalui jalur ini kuota hanya 5 persen.

Lalu jalur keempat yakni prestasi akademik dan prestasi non akademik. Jalur ini ditentukan berdasarkan nilai rapor rata-rata 75 dari semester 1-5 semua mata pelajaran. Kuotanya agak sebanyak 30 persen.

"Sedangkan jalur prestasi non akademik itu adalah dari hasil perlombaan dan/atau penghargaan dalam bentuk sertifikat/penghargaan sebagai juara 1, 2, dan 3 pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi dan/atau tingkat kabupaten/kota," jelasnya.

Sementara itu, kata dia, calon siswa yang mendaftar yaitu lulusan SMP/sederajat dan berusia paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli tahun berjalan bagi siswa SMP/sederajat tamatan tahun 2017/2018, 2018/ 2019, dan 2019/2020.

Dia juga menjelaskan, pendaftaran untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan dan jalur prestasi dimulai 26 Mei - 8 Juni 2020. Pendaftaran ini dibagi 3 tahap per Cabang Dinas Pendidikan (Vabdis) Diskdik Sumut.

Tahap pertama, mulai 26 - 29 Mei 2020, meliputi Cabdis Gunungsitoli (Gunungsitoli, Nias, dan Nias Barat), Cabdis Teluk Dalam (Nias Selatan dan Nias Utara), Cabdis Sibolga (Sibolga dan Tapanuli Tengah). Kemudian Cabdis Padangsidimpuan (Padang Sidimpuan, Tapnuli Selatan dan Mandailing Natal), Cabdis Gunung Tua (Padang Lawas dan Padang Lawas Utara), Cabdis Humbahas (Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara).

Kedua, mulai 30 Mei - 2 Juni 2020, meliputi Cabdis Balige (Toba dan Samosir), Cabdis Rantauprapat (Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan), Cabdis Kisaran (Asahan dan Batubara), Cabdis Tanjungbalai (Tanjungbalai dan Labuhanbatu Utara). Kemudian Cabdis Siantar (Pematang Siantar dan Simalungun), Cabdis Kabanjahe (Karo, Dairi, dan Pakpak Bharat) dan Cabdis Sergai (Tebing Tinggi dan Kabupaten Serdang Bedagai).

Ketiga, mulai 3 - 8 Juni 2020, meliputi Cabdis Stabat (Binjai dan Langkat), Cabdis Medan Utara (Medan, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Medan Utara), Cabdis Medan Selatan (Medan, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Medan Selatan). Kemudian Cabdis Lubuk Pakam (Deli Serdang, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Lubuk Pakam) dan Cabdis Sunggal (Deli Serdang, Kecamatan Wilayah Kerja Cabdis Sunggal).

Pengumuman hasil seleksi jalur afirmasi, jalur perpindahan dan jalur prestasi dilakukan pada 10 Juni 2020. Lalu verifikasi data dan pendaftaran ulang siswa yang lulus seleksi pada 11-16 Juni 2020

Sedangkan untuk jalur zonasi, kata dia, pendaftaran dibuka 19-27 Juni 2020. Pendaftaran peserta khusus jalur zonasi ini, termasuk juga untuk siswa yang tidak lulus melalui jalur afirmasi, jalur perpindahan dan jalur prestasi. Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 29 Juni 2020.Sementara verifikasi data dan pendaftaran ulang bagi siswa yang lulus seleksi jalur zonasi pada 30 Juni-6 Juli 2020.

"Bagi calon siswa yang tidak memiliki handphone android, dapat mendatangi Kantor Cabdis Pendidikan di daerahnya masing-masing untuk didaftarkan. Begitu juga bagi calon siswa yang berada di kecamatannya belum ada SMA/SMK Negeri," ujarnya.(*)


Editor: Wilfred Manullang/Donna

T#gs Daring PPDB Dinas Pendidikan Sumut Penerimaan Siswa baru SMA/SMK Saut AritonangSumatera Utara
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments