Sabtu, 04 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Berita Terkini
  • 4 Pencuri Modus Angkat Sepedamotor ke Mobil Ditembak Tekab Sat Reskrim

Viral di Medsos

4 Pencuri Modus Angkat Sepedamotor ke Mobil Ditembak Tekab Sat Reskrim

Roy Damanik Senin, 01 Juni 2020 22:52 WIB
Liputan6.com

Ilustrasi 

Medan (SIB)
Sempat viral di media sosial (medsos), empat dari 5 pencuri dengan modus mengangkat sepedamotor korbannya ditembak Tekab Sat Reskrim Polrestabes Medan

Para pelaku yang ditembak masing-masing berinisial ES (35) dan HS (39) keduanya warga Jalan Pelajar Gang Kasih Medan, HP (21) warga Jalan Brigjen Katamso Gang Merdeka Medan, HS (39) dan PS alias Roni (45) warga Jalan H Adam Malik Gang Pringatan pinggir sungai Medan. Sementara seorang lagi, LS (DPO)

Informasi yang dihimpum wartawan, Senin (1/6/2020) malam, penangkapan terhadap para pelaku merupakan tindak-lanjut dari laporan 2 korbannya, Hendro Bangun (52) warga Jalan Karya Tani Medan Johor yang tertuang di Nomor: LP/528/K/V/2020/SPKT/Sek Delta, Rabu 6 Mei 2020. Dan Edi Acuan (27) warga Jalan BZ Hamid Komp Ladang Indah Block 9 P Medan yang tertuang di Nomor: STTLP/532/V/2020/SPKT/Sek Delta, Kamis 7 Mei 2020

Tekab Sat Reskrim selanjutnya mengambil alih kasus pencurian yang terekam CCTV itu dan sempat viral di medsos untuk kepentingan penyelidikan. Beberapa hari diselidiki petugas mengungkap identitas sejumlah pelaku.

Senin (18/5/2020) sekira pukul 10.30 WIB, Tekab mendapat informasi bahwa 2 pelaku berinisial ES dan HP berada di rumahnya masing-masing. Petugas bergerak ke Jalan Pelajar Gang kasih dan langsung membekuk kedua pelaku dari rumahnya. Saat diinterogasi, ES mengaku saat beraksi ia berperan membawa mobil Wuling warna putih. Sedangkan HP berperan membantu mengangkat sepedamotor curian yang masih dikunci stang ke dalam mobil.

Diakui keduanya melakukan pencurian bersama HS, PS alias Roni dan LP. Petugas memburu 3 pelaku lagi. Akhir Mei lalu Tekab membekuk PS alias Roni dan HS dari di kawasan Jalan Simalingkar B, sedangkan LP DPO. Dari pengakuan PS alias Roni ia berperan membantu menampung sepedamotor dari dalam mobil serta membantu menjual sepedamotor. Sedangkan HS membantu mengangkat sepedamotor ke dalam mobil dan menjual sepedamotor.

Selanjutnya petugas memboyong keempat pelaku untuk pengembangan mencari barang bukti. Namun para pelaku melakukan perlawanan dan berusaha kabur sehingga petugas melepaskan tembakan peringatan ke udara namun tak diindahkan. Akhirnya petugas melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki para pelaku.

Selanjutnya keempat pelaku dibawa ke RS Bhayangkara Medan untuk mendapat perawatan medis, dan selanjutnya diboyong ke Mako guna diperiksa lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan oleh petugas, para pelaku sudah sering melakukan pencurian sepedamotor di antaranya di pintu keluar jalan tol Desa Matapao, Sergai, Jalan Karya Ujung Medan, jalan tol Tanjungmorawa, Deliserdang jalan tol Cemara Asri Medan dan banyak lagi.

Dari tangan pelaku juga disita barang bukti 5 HP, 2 tang potong hidrolik, 2 pisau, pistol mancis, tas perkakas, uang Rp 550 ribu, 1 paket sabu, bong dan lainnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Ronny Nicholas Sidabutar yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya menangkap 4 pelaku curanmor.

"Para pelaku diberi tindakan tegas terukur ke arah kaki karena melakukan perlawanan dan berusaha kabur. Kasusnya masih kita kembangkan untuk memburu seorang pelaku lagi," terangnya.(*)


Editor: Eva Rina P

T#gs pencuripolrestabes medanTekab
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments