Sabtu, 04 Apr 2020
  • Home
  • Agama Kristen
  • Warga Lintas Agama di Jakarta Gelar Aksi Kemanusiaan untuk Korban Virus Corona

Warga Lintas Agama di Jakarta Gelar Aksi Kemanusiaan untuk Korban Virus Corona

Redaksisib Minggu, 01 Maret 2020 20:34 WIB
SIB/Dok

Warga lintas agama, termasuk dari kalangan Katolik ikut dalam aksi kemanusian bagi korban virus corona. Mereka menggelar aksi pada Jumat, 21 Februari 2020 di Jakarta.

Jakarta (SIB)
Warga dari berbagai agama menggelar aksi kemanusiaan sebagai bentuk solidaritas bagi korban virus corona, Jumat (21/2).
Ribuan orang berkumpul dalam acara bertajuk ‘Spirit for Wuhan’ itu yang diadakan di Food Street Pantai Maju, PIK Island, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Sejumlah organisasi, termasuk Pemuda Katolik, ikut dalam acara itu, yang juga dimeriakan oleh sejumlah artis.
Ardy Susanto, Ketua Aliansi Masyarakat Peduli Wuhan (AMPW) mengatakan acara itu diadakan untuk memberikan semangat kepada warga Wuhan bahwa mereka tidak sendiri.

“Kita dari sini mendoakan supaya kalian tetap bisa melalui masa-masa sulit ini,” katanya.

Wuhan adalah tempat pertama kali virus corona (Covid-19) ditemukan pada bulan lalu.

Sebagai tanda kepedulian, kegiatan ‘Spirit for Wuhan’ diwarnai dengan doa bersama yang dipimpin Ustaz Malik Mirza, didampingi para tokoh agama Nasrani, Buddha, Hindu, dan Konghucu.

Para tokoh agama mengajak warga berdoa agar wabah virus korona segera teratasi.

Puncaknya, hadirin menyalakan lilin secara bersama-sama. Sesekali pembawa acara meneriakkan yel-yel ‘Wuhan Jia You’ yang diikuti hadirin untuk memberikan semangat kepada warga Wuhan agar tetap semangat dan kuat menghadapi wabah virus korona.
Kegiatan amal ini juga dimeriahkan dengan penampilan sejumlah artis.


Penyanyi Pingkan Mambo, Edo Kondologit, dan Ayu Azhari tampil di atas panggung secara bergantian.

Mereka menyanyikan tembang-tembang yang menghibur warga. Mereka juga menyampaikan testimoni untuk menyemangati masyarakat Wuhan agar tetap kuat menghadapi virus korona.

Di saat acara, puluhan panitia yang membawa kotak sumbangan bertuliskan ‘Kotak Donasi Sejuta Masker’ berkeliling di area Food Street. Warga memasukkan sebagian uangnya ke dalam kotak sumbangan itu. Donasi yang terkumpul nantinya akan dibelikan sejuta masker untuk disumbangkan kepada warga Wuhan.

Ardy menuturkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Jakarta terkait pengiriman bantuan tersebut ke Wuhan.

“Yang dalam bentuk uang ini juga kami akan konversi ke dalam barang-barang yang mereka butuhkan dan kami akan terus berkoordinasi dengan pihak RRT,” ujarnya.

Ardy mengungkapkan, gagasan ‘Spirit for Wuhan’ dilatarbelakangi kondisi Wuhan yang sampai saat ini masih dihantui wabah virus korona (Covid-19).

“Sudah lebih dua bulan masyarakat Wuhan terisolasi. Mereka sangat menderita, karena tidak bisa berpergian ke mana-mana,” ujarnya. (Katoliknews.com/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments