Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Agama Kristen
  • Pesta Gotilon HKBP Depok I Tahun 2018, Momen Bersyukur Bersama Ribuan Jemaat

Pesta Gotilon HKBP Depok I Tahun 2018, Momen Bersyukur Bersama Ribuan Jemaat

* Orangtua Berumur 70 Tahun ke Atas Diulosi
Minggu, 14 Oktober 2018 23:02 WIB
Jakarta (SIB) -Sebagai salah satu  momen  mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat yang diberikanNya, sekaligus menyambut Jubileum 157 Tahun HKBP,   HKBP Depok I Jawa Barat menggelar Pesta Gotilon Minggu, (7/10) di  gereja tersebut.

Hadir, Sekjen HKBP Pdt. David F Sibuea dan Ibu br Hutagaol, Preases HKBP  Deboskab Pdt.Drs Berlin Tamba dan Ibu,dan  sekitar 4000 anggota jemaat .

Karena gedung gereja tidak mampu menampung anggota jemaat yang hadir, sebagian besar menyaksikan jalannya ibadah dan pesta Gotilon, melalui layar yang dipasang di ruang serba guna dan kompleks gereja.

Dengan  Thema: Bersyukurlah Kepada Tuhan sebab Ia baik, bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setianya." (Mazmur 136:1), seluruh jemat HKBP Depok I bersuka ria dan bersyukur, serta memberikan persembahan  untuk mendukung dan menyokong pelayanan.

Pesta Gotilon diawali dengan ibadah, dengan pengkhotbah Sekjen HKBP Pdt David F.Sibuea, liturgis Preases Pdt. Drs.Berlin Tamba dan Pendeta Resort Pdt.Nekson M.Simanjuntak. Ibadah  diisi koor Ama,  Ina dan Lansia (lanjut usia),  dirangkai  dengan kata -kata  sambutan,pengumpulan dana secara sukarela dan spontanitas.

Juga ada hiburan,dengan menampilkan artis penyanyi kondang Panda Hutagalung,  Trio Amadeps, dengan personil Helbert Manalu, Hasben Hutapea dan Riso Pangaribuan.

Pdt. David F. Sibuea  dalam kotbahnya  mengutip  1 Tim 4:1-5 menyatakan bahwa  tugas orang percaya   memberitakan firman Tuhan,  baik atau tidak baik waktunya, sabar dalam segala keadaan untuk  tunaikan tugas pelayanan. 

Dalam  kesempatan  pesta ini,  panitia  menyampaikan penghargaan kepada  jemaat yang berusia 70 Tahun berupa ulos sebagai doa dan harapan  agar seluruh orang tua sehat dan panjang umur.  

Saat memberikan ulos ini banyak yang  terharu hingga meneteskan air mata, karena acara seperti ini baru pertama sekali dilaksanakan di gereja HKBP Depok I.
Sebanyak 137 orang tercatat jemaat HKBP yang berumur 70 tahun ke atas pada Oktober 2018 dan semuanya mendapatkan masing masing sehelai ulos.  
Pemberian ulos ini akan menjadi program  berjalan setiap tahun. Artinya,  HKBP Depok 1 akan memberikan penghargaan ulos kepada jemaat yang berulang tahun ke 70 sebagai apresiasi, doa dan harapan atas umur panjang.  

Dasar  pemberian dikutip dari Mazmur 90:10, yang menyebutkan :  "Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap."   

Makanya,  usia 70 tahun adalah kasih karunia Tuhan yang sangat berharga.  Artinya, apresiasi pemberian ulos ini sekaligus doa dan harapan sebagaimana termaktub dalam Jesaya 61:10 satu terjemahan Bahasa Batak  yang menyebut: "ulos hatuaon". Dengan apresiasi ini maka  setiap orang tua bersuka cita dalam hidupnya di usia lanjut. 

Pesta Gotilon ini dikoordinir     St Drs WM Sitorus sebagai Ketua Umum, St P Hutahaean (Ket I), St P Sinurat (Ketua II), St Tg Sianturi (Ketua III), St Dr TM Napitupulu (Sekum),  St Richard Sitorus (Sekrertaris III),  O Pasaribu (Bendahara)  dan  Cst Purba (Wakil Bendahara).

Panitia ini  dilengkapi dengan seksi-seksi yakni Seksi Perlengkapan  B Simanungkalit, Seksi Konsumsi Ny Saibun Sinaga br Silaen, Seksi Acara Pdt Marinda Purba dan Pdt ARIT Tambunan , sedangkan pembawa acara (MC )  Julpen Gultom dan Carol Tobing.  Sementara musik dan gondang diiringi oleh tim Musik HKBP Depok 1. (J 01/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments