Rabu, 12 Agu 2020

Pbs RD Siburian Resmikan Gereja Pentakosta Tanjungpriok Jakarta

redaksi Minggu, 17 November 2019 15:48 WIB
Foto: SIB/Dok
Gunting Pita : Ketum Persatuan Wanita Gereja Pentakosta Pdm RE Br Aritonang menggunting pita dan Gembala Jemaat Gereja Pentakosta Tanjung Priok Jakarta Pdt Fr Purba menyerahkan kunci gereja kepada Ketua Dewan Pembina Gereja Pentakosta Pbs RD Siburian menandai peresmian Gereja Pentakosta Tanjung Priok, Minggu (27/10).

Jakarta (SIB)
Ketua Dewan Pembina Gereja Pentakosta Pbs RD Siburian SE meminta warga gereja jangan eksklusif. Bahkan, menurutnya, rumah ibadah tak semata inklusif tapi juga menjemput warga lain dalam kegiatan sosial religi. "Cara itu memupuk toleransi dan mengikis intoleran yang mungkin ada," ujarnya ketika meresmikan Gereja Pentakosta di Kp Tanah Merah Premix Jalan Plumpang Semper Pasar Ular Plumpang Rawabadak Selatan, Jakarta Utara, Minggu (27/10).


Gereja tersebut berada di lingkungan warga dengan beragam dan latar belakang etnis. "Toleran itu ketika umat beragama, warga heterogen menerima dan menghargai tiap warga negara lainnya menjalankan ibadah sesuai kepercayaannya," ujarnya. "Untuk itulah Gereja Pentakosta memeloporinya," tambah Pbs RD Siburian.


Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Umum Persatuan Wanita Gereja Pentakosta Pdm RE Br Aritonang dan Gembala Jemaat Gereja Pentakosta Tanjungpriok Jakarta Pdt Dr Fr Purba menyerahkan kunci gereja kepada Ketua Dewan Pembina dan membukanya.


Pdt Fr Purba mengatakan, gereja yang dilayaninya memiliki lebih seratus jemaat. Berdekatan dengan gereja, ujarnya, ada sejumlah rumah ibadah agama lain tapi karena selama ini hidup rukun serta sama-sama menghargai keyakinan tiap individu, bisa hidup rukun. "Jemaat Gereja Pentakosta sudah memastikan inklusif sebagai sumber dari perdamaian," ujar cendikiawan dan tokoh warga di Jakarta Utara tersebut.


Bangunan fisik Gereja Pentakosta di Kp Tanah Merah Premix tersebut pun memiliki ruang pertemuan yang dapat digunakan warga setempat. "Kami seluruh keluarga besar Gereja Pentakosta Tanjung Priok berterima kasih pada warga lingkungan serta Pemko Jakarta Utara karena memberi izin pendirian gereja hingga peresmian dan dapat digunakan," tambah Pdt Fr Purba. (rel/R9/f)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments