Selasa, 11 Agu 2020

Didukung Sepenuhnya Gubernur Kaltim H Isran Noor

HKBP akan Memiliki Gedung Gereja Megah di Kota Samarinda

redaksisib Minggu, 02 Agustus 2020 18:44 WIB
Samarinda (SIB)
Kabar gembira dan sangat membanggakan bagi warga HKBP datang dari HKBP Merak Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Dalam waktu dekat HKBP akan memiliki gedung gereja yang megah di kota Samarinda setelah direhab dan didukung sepenuhnya oleh Gubernur Kalimantan Timur, Dr Ir H Isran Noor MSi, jajaran pemprov dan pemko setempat.

Groundbreaking rehab total gedung gereja yang lama ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatangangan prasasti dilakukan langsung Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor bersama Praeses HKBP Distrik XXVII Borneo, Pdt Jeremia Mangatur Manurung STh, Senin (27/7). Gubernur didampingi Wali Kota Samarinda M Barkati SSos, MHum dan Kadis PUPR Ir HM Taufik Fauzi. Sementara praeses didampingi Pendeta Resort HKBP Merak Samarinda, Pdt Dahlan Munthe MTh serta Ketua Panitia Pembangunan, dr PMT Mangalindung Ompusunggu SpB.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menekankan pentingnya pembangunan keimanan dan saling hormat menghormati antar sesama pemeluk agama. Gubernur juga menggarisbawahi kehadiran pemerintah untuk semua warga dan agama tanpa kecuali.
Sementara itu Praeses Pdt Mangatur Manurung menyampaikan terimakasih atas dukungan Pemprov Kaltim, khususnya Gubernur yang telah menjadi pengayom bagi warga HKBP. Dia mengakui bahwa selama ini perhatian Pemprov terhadap warga HKBP, baik di tingkat Huria, Resort maupun distrik sangat besar.

Hal itu juga diakui pendeta resort Pdt Dahlan Munthe yang menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya atas dimulainya pembangunan gedung gereja ini. "Tidak semua generasi diberi kesempatan untuk membangun rumah Tuhan. Oleh karena itu, jika Tuhan sudah mengijinkan kita untuk memulai pembangunan ini maka kiranya Tuhan juga menyertai kita menyelesaikannya," ujar Dahlan.

Jemaat dan parhalado yang hadir pada peletakan batu pertama pembangunan ini juga merasakan campur tangan Tuhan dalam kegiatan ini. Mereka berharap semuanya berjalan baik sesuai dengan rencana.

Sebagaimana diketahui, perhatian Pemprov bagi warga HKBP di Kaltim memang cukup besar. Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, jangankan membantu biaya pembangunan, mengurus ijin pembangunan gereja sangat sulit.

Sementara di Kaltim, bukan hanya ijin yang diberikan bahkan bangunan fisik gereja juga dibiayai murni dari APBD. Seperti gedung gereja ini dibiayai sepenuhnya APBD. Belum diketahui berapa biaya pembangunan gereja ini hingga selesai, tetapi Pemprov memberikan bantuan fisik bangunan, bukan uang.

Sesuai informasi yang dikutip SIB dari media sosial "HKBP Dalam Berita, Video dan Foto", proses pembangunan gereja ini mendapat sambutan sukacita jemaat HKBP dari seluruh Indonesia. Dalam perbincangan dalam media tersebut terungkap bahwa sebelumnya Pemprov Kaltim juga telah memberikan hibah berupa mobil dinas bagi Praeses HKBP Distrik Borneo dan hibah bantuan sosial Rp.1 miliar untuk pembangunan distrik center.(R4/d)
T#gs Gedung GerejaGubernur Kaltim H Isran NoorHKBPKota Samarindaagama kristen
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments