Jumat, 24 Jan 2020
  • Home
  • Agama Kristen
  • Gereja Katolik St Konrad Martubung Berbiaya Rp6,6 Miliar Diresmikan

Gereja Katolik St Konrad Martubung Berbiaya Rp6,6 Miliar Diresmikan

* Wali Kota Medan Imbau Warga Penuhi Rumah Ibadah
bantors Minggu, 13 Oktober 2019 11:23 WIB
SIB/Dok
Pentahbisan : Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap, Uskup Emiritus Mgr Dr AGP Datubara OFM Cap serta Pastor Paroki St Konrad Martubung Rp Martinus Nule bersama panitia pembangunan Gereja Katolik Paroki Santo Konrad Martubung Medan, Minggu (6/10), usai Misa Ekaristi pentahbisan.
Medan (SIB) -Gereja Katolik Paroki Santo Konrad Martubung Medan, diresmikan Minggu (6/10). Pemberkatan dilakukan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap, Uskup Emiritus Mgr Dr AGP Datubara OFM Cap, Wali Kota Medan diwakili Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Albon Sidauruk.

Dalam sambutannya Albon Sidauruk mengapresiasi pemberkatan gereja dimaksud dan berharap memberikan spirit bagi umat dalam menjalankan ibadah. "Pembangunan fisik bukanlah yang utama karena yang terpenting adalah bagaimana menjalankan ajaran rohani, spiritual yang diajarkan agama kita masing-masing dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan berbangsa, bernegara maupun bermasyarakat," kata Wali Kota Medan.

Ia mengimbau warga sebagai umat beragama untuk memenuhi rumah ibadah. Apalagi, lanjutnya, rumah ibadah itu dibangun dengan megah. "Dengan demikian, manusia sebagai subjek pembangunan akan mampu menempatkan diri dalam harmonisasi hidup antara manusia satu dengan yang lainnya. Dengan begitu juga, hal ini menjadi kekuatan yang efektif bagi pembangunan Kota Medan," tegasnya.

Uskup Agung Medan berterimakasih karena menggerakkan hati banyak orang, termasuk panitia, donatur dan Pemko Medan sehingga terbangunlah gereja yang megah tersebut. "Semoga Allah memberkati, menguatkan dan meneguhkan semua orang, hingga secara spiritual semakin teguh dan bisa ditiru paroki-paroki lainnya."

Ketua Panitia Pentahbisan Fransiscus Sitohang berterima kasih kepada semua pihak khususnya umat gereja hingga pelaksanaan yang dilakukan sejak 2010 selesai sesuai rencana.

Pastor Paroki St Konrad Martubung Rp Martinus Nule menuturkan, proses pembangunan sangat panjang hingga umat semakin merasakan sukacita, karena sepanjang pengerjaan mereka semua merasakan suka dan duka dalam percepatan pembangunan.

Ketua Pembangunan Gereja, Kolombus Siringoringo menceritakan rencana pembangunan gereja sejak 2010 dan baru mulai dibangun pada Juli 2012. "Dengan biaya sampai Rp 6,6 miliar tak terbayangkan dapat terwujud. Rupanya Kasih Kristus ada pada jemaat hingga kasihNya menutupi seluruh kebutuhan," tegasnya.

Yang membuatnya merasa dibantu, meski semula seret dalam pengumpulan dana namun jemaat berinisiatif mengumpulkan dengan iuran-iuran. "Bahkan terkumpul hingga Rp 8,8 miliar, dan sudah dipakai," ucap Kolombus Siringoringo.

Pentahbisan ditandai Perayaan Ekaristi diakhiri dengan pemberian cenderamata dan ulos pada pihak yang telah berjasa. (Rel/R9/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments