Minggu, 21 Jul 2019

GBKP Canangkan Tahun Peningkatan Kuantitas SDM Yang Berkualitas

Minggu, 19 Januari 2014 21:57 WIB
SIB/Eva Rina Pelawi
Pencangan : Ketua Moderamen GBKP Pdt MP Barus dan Sekretaris Umum Pdt Simon Tarigan membuka slubung pada pencanangan "Tahun Peningkatan Kuantitas SDM yang Berkualitas" disaksikan pengurus moderamen lainnya, Sabtu (11/1) di RC GBKP Sukamakmur
Sibolangit (SIB)- Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) melaksanakan pencanangan Tahun Peningkatan Kuantitas SDM Yang Berkualitas, Sabtu (11/1) di Retreat Center GBKP, Sukamakmur, Sibolangit.

Prosesi pencanangan Tahun Peningkatan Kuantitas SDM Yang Berkualitas diawali dengan kebaktian yang dibawakan Pdt Lisa Br Tarigan sebagai liturgis dan khotbah dibawakan oleh Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt Matius Panji Barus STh MTh.

Dalam khotbahnya, Pdt MP Barus mengatakan, tahun peningkatan kuantitas SDM yang berkualitas adalah satu momen untuk GBKP meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara sinodal, tidak hanya pendeta dan pertua-diaken, namun juga jemaat GBKP secara keseluruhan. “Kiranya tahun ini bukan hanya kuantitas yang semakin meningkat namun juga harus diikuti dengan kualitas yang baik,” tegas Pdt Matius Panji Barus.

Setelah kebaktian, Permata GBKP Runggun desa Gurukinayan yang saat ini sedang mengungsi di PPWG GBKP Kabanjahe,  mempersembahkan sebuah tari-tarian. Tarian ini menceritakan sebuah ajakan ditengah-tengah perkembangan jaman dan teknologi yang berkembang begitu cepat, GBKP harus tetap menjadi garam dan terang bagi orang lain. Sehingga keberadaannya terasa manfaatnya bagi orang lain.

Diera kekinian, dimana masih banyak sekali ditemukan permasalahan-permasalahan bangsa, peran pemuda khususnya pemuda Kristen atau GBKP masih sangat diperlukan untuk melepaskan bangsa ini dari jeratan penjajahan kemiskinan, ketidakadilan dan disintegrasi bangsa yang sangat memprihatinkan.

Melalui tari-tarian, Permata Rg Gurukinayan, walau sedang dalam pengungsian akibat erupsi Sinabung dengan penuh semangat mengumandangkan panggilan generasi GBKP saat ini adalah untuk memenuhi tuntutan penyelesaian persoalan zaman dengan menjadi garam dan terang dunia.

Sekaranglah tantangan untuk menjadi Permata GBKP yang kreatif dan mandiri, generasi yang berkarakter dan bermoral kuat, dan generasi yang memiliki kesadaran solidaritas kebersamaan yang tinggi.

Generasi yang teruji baik kualitatif maupun kuantitatif, harus lebih baik dari generasi sebelumnya. Itulah kontekstualisasi dari tindakan iman percaya.

Seusai kebaktian, dilanjutkan dengan pencanangan tahun peningkatan kuantitas SDM ditandai dengan pembukaan slubung logo oleh Ketua Umum Moderamen Pdt MP Barus dan Sekretaris Umum Pdt Simon Tarigan disaksikan pengurus Moderamen lainnya.

Kemudian penyerahan banner pencanangan dan juga lilin beserta garam sebagai simbol dari tahun SDM 2014 kepada perwakilan klasis dan juga unit-unit kerja Moderamen GBKP yang diserahkan oleh Moderamen GBKP.

Sebagai salah satu bentuk peningkatan SDM, dilakukan juga launcing Sistem Informasi Anggota Jemaat (SIAJ) GBKP. Wakil sekretaris Umum Moderamen GBKP Ir Ananta Purba mengatakan, pentingnya setiap runggun untuk memasukkan data jemaatnya ke dalam Sistem Informasi Anggota Jemaat ini. Karena sampai saat ini GBKP belum mempunyai statistik yang benar-benar real. Dengan kehadiran Sistem Informasi Anggota Jemaat ini hal itu dapat dicapai.

Ketua panitia acara Pdt Rosmalia Barus yang merupakan Kabid Personalia dan SDM  Moderamen dalam sambutannya mengatakan, walaupun gereja saat ini fokus pada penanganan pengungsi Gunung Sinabung, tugas-tugas gereja tetap dilaksanakan. Karena gereja harus tetap berkarya memberi pencerahan kepada manusia.

Kata sambutan mewakili unit disampaikan Ir Budi Derita Sinulingga yang menyebutkan, SDM sangat penting dan program gereja ini harus disukseskan.
Pdt Simon Tarigan mewakili Moderamen menyebutkan, dalam kelemahan dan kekurangan GBKP Tuhan hadir menunjukkan kasihnya. Program gereja harus terus dilanjutkan agar bisa bersaksi demi kebesaran Kristus.

Kabid Diakonia Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba STh MA pada kesempatan itu mengatakan, visi utama Peningkatan Kuantitas SDM Yang Berkualitas, menghadirkan jemaat GBKP yang hidup beriman dan berintegritas serta berhikmat. Ketiga hal ini, akan terlihat melalui kepribadian yang kreatif, kritis, mandiri dan berwawasan luas serta profesional, memiliki kepedulian sosial, lingkungan dan beretika moral yang tinggi, memiliki karakter Kristiani, memiliki jiwa kepemimpinan yang siap mengabdi demi sesama, bangsa dan negara serta hidup takut akan Tuhan. (BR2/R5/x)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments