Senin, 22 Jul 2019

Dunia Baru Melampaui Impian Aladdin

* Oleh Pdt Estomihi Hutagalung
admin Minggu, 14 Juli 2019 16:43 WIB
Bukan hanya karena sangat menarik perhatian para penggemar layar lebar di seluruh dunia sehingga berhasil masuk dalam Box Office; dan juga bukan hanya karena memperoleh keuntungan materi yang sangat besar dengan raihan $ 450 juta, maka dianggap penting untuk memaknai nilai-nilai dari syair lagu "A Whole New World" (Sebuah Dunia Baru). Lagu indah yang mendayu dari soundtrack film "Aladdin" produksi Walt Disney bergenre adventure dengan nuansa romantic yang fantastic serta dibumbui kisah komedi.

Sebuah film petualangan seorang anak muda jalanan yang ingin mengubah nasib hidupnya. Dengan bantuan jin yang dibebaskan dari lampu Aladdin, anak muda beruntung ini, ternyata berhasil mengangkat harkatnya dari kasta terendah kepada status sosial tertinggi. Anak muda ini juga berhasil memikat hati Jasmine, sang putri impian istana yang diperankan oleh Naomi Scott. Perempuan cantik berdarah Anglosaxon, puteri seorang Pendeta di Inggris yang juga aktif dalam pelayanan misi melalui nyanyian di gereja, dianggap sempurna memainkan peran sehingga memikat hati berjuta penonton layar lebar.

Guna meneguhkan ikatan hati kedua insan yang jatuh cinta itulah, soundtrack film Aladdin, "A Whole New World" (sebuah dunia baru) mendapat peran penting dalam kandungan makna keterpesonaan itu sendiri. Sebuah soundtrack film yang dinyanyikan oleh Brad Kane dan Lea Salonga lalu dipopulerkan oleh Peabo Bryson dan Regina Belle, yang pernah mendunia lewat film animasi Disney, Aladdin, pada tahun 1992. Sesungguhnya syair lagu film ini dapat dipandang sebagai suatu karya seni yang sangat indah, menakjubkan. Di dalamnya terkandung nilai-nilai transformatif sebagaimana diungkap dari penggalan-penggalan syair dimaksud di bawah ini:

I can show you the world
Shining, shimmering, splendid….
I can open your eyes
Take you wonder by wonder….
A whole new world
A new fantastic point of view….

Sebuah upaya pembebasan yang menyadarkan setiap orang pada realitas sejarah hidupnya untuk melihat adanya dunia baru dengan kemilau penuh kegemilangan. Sebuah upaya untuk membangkitkan keberanian manusia guna mentransformasi dirinya dari tahapan sejarah hidup yang mengungkungnya. Yang menyadarkan manusia sebagai subjek dari perjalanan hidup itu sendiri sehingga mampu menghidupi dan bukan menghindarinya walau mengalami penderitaan.

Jin Keajaiban
Tentu saja film Aladdin dengan soundtrack A Whole New World adalah buah pemaknaan fundamental dari penulisnya Tim Rice dengan kualitas composer yang sangat hebat oleh Alan Menken. Sebuah pemaknaan yang mendalam akan arti dari seni music dan pergulatan sastra lewat syair lagu indah yang memesona, tercipta untuk memaknai realitas kehidupan berpijaknya masing-masing.
Sehingga dengan memahami soundtrack Aladdin, banyak orang dimotivasi untuk bisa bangkit memperoleh keberhasilan hidup di dalam dunia yang baru atas keajaiban lampu jin dengan karpet terbangnya.

Tetapi sesungguhnya, dunia baru yang dijanjikan oleh jin adalah dunia fantasi sebagai buah pergulatan imajiner. Mestilah disadari bahwa imajinasi memang dapat menstimulasi pikiran guna menggerakkan seseorang untuk mengalami petualangan hidup yang terbatas pada dunia itu sendiri. Dengan kesadaran imajiner demikian, maka Jasmine atas rayuan Aladdin atau siapa saja yang terhisab dalam pesona A Whole New World Aladdin, akan mampu memproyeksikan pikirannya untuk mengenal objek imajinasi yang diimpikan sesuai dengan keinginannya.

Itu juga berarti bahwa imajinasi dapat hadir dalam realitas hidup guna menstimulus tindakan seseorang. Tetapi jika manusia "tidak kembali jatuh ke dalam realitasnya", maka imajinasi demikian akan berubah dari stimulus kebaikan menjadi stimulus ketiadaan harapan". Sehingga kesadaran imajiner demikian sesungguhnya hanyalah membutakan mata hati, memandulkan syahwat bekerja atau berupaya keras dan membuat manusia semakin jauh dari realitas hidupnya sendiri lalu terjebak pada hayalan-hayalan.

Yesus Memberi Dunia Baru
Oleh karenanya, agar manusia yang dikaruniai berbagai talenta atau potensi diri tidak terjebak atau terbuai pada hayalan imajinernya, maka Yesus datang dengan ucapan "I can show you the world, I can open your eyes untuk menikmati dan mengalami hidup pada a whole new world". Kehadiran dan janji penyertaan Yesus demikian, menjadi kepastian dalam menghadapi realitas hidup manusia yang mengalami penderitaan, kebutaan, kelumpuhan bahkan ancaman putus asa dalam persoalan hidup itu sendiri.

Dalam pengajaran-Nya, Yesus menyatakan ucapan berbahagia, tentang kerajaan Allah yang hadir dalam realitas manusia sebagai orang beriman. Yesus juga menyatakan adanya rumah Bapa dalam kehidupan baru yang kekal.

"Roh Tuhan ada pada-Ku,
oleh sebab Ia telah mengurapi Aku,
untuk menyampaikan kabar baik
kepada orang-orang miskin;
dan Ia telah mengutus Aku
untuk memberitakan pembebasan
kepada orang-orang tawanan
dan penglihatan bagi orang-orang buta,
untuk membebaskan orang-orang yang tertindas,
untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan"

(Lukas 4: 18-19)
Melalui ucapan janji ini, Yesus hendak menyatakan isi hati Bapa di Sorga kepada setiap pendengar-Nya akan adanya dunia baru yang melampaui dunia imajiner Aladdin. Tuhan Yesus hendak menempatkan surga lebih dekat pada realitas hidup dunia. Ucapan yang membangkitkan keyakinan demikian telah menciptakan sebuah kemauan untuk bertindak dalam realitas berpijak manusia. Dan ucapan Yesus tentang dunia baru demikian, bukanlah dunia baru yang bersifat imajiner tetapi sesuatu yang dapat dilihat dan dirasakan secara nyata. Dunia baru melampaui impian Aladdin.

Ucapan dan pengajaran atas tindakan Yesus yang membangkitkan orang lumpuh untuk berjalan, menyembuhkan orang buta menjadi melihat, mempunyai kekuatan kerajaan Allah dalam merealisasikan makna terindah dari kehidupan yang ditanggapi dengan iman oleh para pendengar-Nya. Sebab, kesediaan hati untuk menyambut ajaran Tuhan Yesus akan menghisabkan seseorang pada kepercayaan penuh. Sehingga orang percaya, orang beriman dapat mengalami tanda mujizat, melihat dan merasakan dunia baru yaitu surga yang hadir dalam dunia nyata dan menjadikannya sebagai daya dorong yang kuat untuk melangkah menuju surga kekal abadi yang disediakan Tuhan Allah.

Dengan adanya iman maka umat Tuhan akan diberi kemampuan dan dimenangkan dalam menghadapi realitas hidup dunia dengan segala dinamika gejolaknya. Sebab, keyakinan pada ucapan maupun tindakan penyelamatan Tuhan Yesus, menjadi dasar bertindak orang beriman dalam menghadapi realitas kehidupan. Keyakinan iman demikianlah yang membuat orang percaya tidak jatuh dalam hayalan imajiner Aladdin yang menunggu jin keajaiban hidup. Tetapi dengan iman, umat Tuhan dapat melihat, memahami dan memaknai realitas hidup berpijaknya sebagai dunia baru pemberian Allah yang melampaui impian Aladdin. (d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments