Selasa, 17 September 2024

Pdt T Golkaria Nainggolan MTh Deklarasi Calon Kadep Koinonia HKBP 2024-2028

Victor R Ambarita - Selasa, 27 Agustus 2024 07:02 WIB
480 view
Pdt T Golkaria Nainggolan MTh Deklarasi Calon Kadep Koinonia HKBP 2024-2028
Foto: harianSIB.com/Victor Ambarita
Pdt T Golkaria Nainggolan MTh yang mendeklarasikan diri untuk menjadi Calon Kadep Koinonia HKBP 2024-2028 yang diadakan di Aula HKBP Suprapto Jakarta, Senin malam (26/8/2024).
Jakarta (harianSIB.com)
Pdt T Golkaria Nainggolan MTh. secara resmi mendeklarasikan dirinya untuk maju sebagai Calon Kepala Departemen Koinonia (Kadep Koinonia) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) periode 2024-2028. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan HKBP Suprapto, Jakarta, Senin malam (26/8/2024).

Dalam deklarasinya, Pdt Golkaria mengusung motto yang diambil dari Yohanes 15:16, "Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku diberikan-Nya kepadamu."

Dengan motto ini, Pdt Golkaria menyatakan kesiapannya untuk membawa perubahan dan memperkuat peran HKBP melalui posisi yang ia perjuangkan.

Baca Juga:

Pdt Golkaria, yang saat ini melayani di Gereja HKBP Pulo Jahe, telah mengabdikan dirinya selama 27 tahun dalam pelayanan di HKBP. Pengalaman panjang ini, termasuk enam tahun bertugas di Jerman, menjadi landasan baginya untuk maju dalam pemilihan Kepala Departemen Koinonia. Dalam pernyataannya, ia menekankan pentingnya menjaga kesatuan dan kekuatan gereja dalam menghadapi tantangan zaman.

"Selama melayani di Jerman, saya menyaksikan bagaimana banyak gereja yang kosong, bahkan ada yang dijual karena tidak lagi memiliki jemaat. Ini menjadi peringatan bagi kita semua, khususnya HKBP, untuk menjaga kesatuan dan visi gereja agar tetap hidup dan berkembang," urainya.

Baca Juga:

Pdt Golkaria juga menekankan gereja HKBP harus kuat sejak dini dalam menjaga koinonia atau kebersamaan di semua tingkat pelayanan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Menurutnya, jika nilai-nilai ini tidak dijaga dengan baik, masa depan HKBP akan terancam.

"Saya maju dalam kontestasi ini bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk mewujudkan impian besar gereja HKBP, dengan kekuatan Tuhan. Terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak. Saya akan melakukan yang terbaik untuk HKBP," tutupnya dengan penuh keyakinan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Komunikasi Sintua HKBP (Forkasih), Hotman Nainggolan, turut hadir dalam deklarasi tersebut.

"Kehadiran saya hari ini dalam deklarasi bukan karena satu marga. Jangan memilih calon pimpinan HKBP karena marga, tetapi karena kompetensi. Mari kita pilih pimpinan HKBP yang punya kompetensi pelayanan, yang bisa menggulirkan roda transformasi lebih cepat lagi," tegasnya.

Deklarasi ini menjadi awal dari perjuangan Pdt Golkaria Nainggolan dalam mencalonkan diri sebagai Kadep Koinonia HKBP, yang akan ditentukan dalam Sinode Godang HKBP pada Desember 2024 mendatang.(*)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru